Home   About Us

About Us

Jurusan Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung

  1. Program Studi: Komunikasi Jurnalistik
  2. Program Studi: Komunikasi Humas (Hubungan Masyarakat)

PROGRAM Studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu dari lima program studi yang ada di Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung, dan memusatkan kajian dan penelaahan dalam bidang kejurnalistikan dan kehumasan dengan landasan pada komunikasi profetik.

Program Studi Ilmu Komunikasi tidak menganut dikotomi ilmu agama-ilmu umum melainkan justru memandang ilmu-ilmu tersebut sebagai suatu entitas yang integrated dan integral. Dengan demikian Program Studi Ilmu Komunikasi berupaya mencetak sarjana Ilmu Komunikasi yang beriman dan bertakwa yang unggul, kompetitif, memiliki daya saing yang diproyeknsikan untuk menjadi praktisi, peneliti, dan konsultan di bidang komunikasi (jurnalistik dan humas).

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pendiriannya didasarkan pada Nomor SK Keputusan Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/114/1998 tanggal 25 Mei 1998 yang ditandatangani oleh Malik Fadjar dan Izin Operasionalnya didasarkan pada SK Dirjen Pendidikan Tinggi No. 2486/D/T/2001 dan telah terakreditasi B dengan Nomor SK BAN-PT: 039/ulai mulai BAN-PT/Ak-X/S1/IV/2008.

Visi Program Studi  Ilmu Komunikasi adalah:

Menjadi Program Studi  yang Unggul, Kompetitif dan Inovatif dalam menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Komunikasi di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Asia Tenggara Tahun 2025”

Misi Program Studi  Ilmu Komunikasi adalah:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik profesional, serta keahlian di bidang Ilmu Komunikasi(Jurnalistik dan Humas).
  2. Mengembangkan keilmuan melalui studi-studi di bidang Ilmu Komunikasi (Jurnalistik dan Humas) melalui kegiatan penelitian, pengabdiankepada masyarakat.
  3. Menyebarluaskan hasil kajian keilmuan bidang Ilmu Komunikasi (Jurnalistik dan Humas) melalui program-program pelatihan yang relevan.
  4. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan tata kelola PS Ilmu Komunikasi  (Jurnalistik dan Humas) yang efektif, efisien, transparan dan partisipatif.

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang berkualitas dan berkeahlian dasar ilmu jurnalistik dan humas yang mampu berperan dalam pengembangan dakwah.
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu mengelola dan mamangku posisi tertentu sesuai dengan keahlian dalam kegiatan-kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat.
  3. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki keterampilan praktis dalam bidang ilmu komunikasi, khususnya dalam bidang kejurnalistikan dan kehumasan.
  4. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu pengembangkan program ilmu komunikasi yang dilandasi moral, iman, dan taqwa dalam keterpaduan proses pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.***

Pimpinan Jurusan

  • Ketua Jurusan: Dr H. Darajat Wibawa, S.Sos., M.Si.
  • Sekretaris Jurusan: Dr. M. Fahrur Rozi, M.Si
  • Ketua Program Studi Jurnalistik:  Encep Dulwahab, S.Sos
  • Ketua Program Studi Humas: Dr H. Imron Rosyidi, S.Sos., M.Si.

Email: komunikasi@uinsgd.ac.id
Website: www.komunikasi.uinsgd.ac.id

ALAMAT KAMPUS:
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung
Jln Raya Cipadung No. 105 Cibiru Bandung Jawa Barat 10614

Share Button
(Visited 1,329 times, 1 visits today)