Home   Opini   Blogging: Onlinepreneur untuk Mahasiswa

Blogging: Onlinepreneur untuk Mahasiswa

Blogpreneuer Bisnis OnlineBisnia Online menjadi tren seiring pesatnya perkembangan teknologi internet. Mahasiswa bisa memanfaatkan blog untuk bisnis online –menjadi Blogpreneur. Catatan ASM. Romli.

PERENCANA keuangan dari Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini, mengatakan, setiap mahasiswa berpeluang menghasilkan uang sendiri. Asalkan jeli melihat kesempatan dan konsisten dalam menjalaninya. Dengan punya penghasilan sendiri, mahasiswa tak perlu lagi menunggu kiriman orang tua untuk membayar kuliah atau uang jajan.

Seperti dilansir yahoo.co.id, Mike menyebutkan beberapa jenis usaha yang bisa jadi alternatif bagi mahasiswa:

  1. Jasa bimbingan belajar
  2. Menulis
  3. Kerajinan tangan
  4. Penyelenggara pertunjukan
  5. Jasa video dan fotografi
  6. Produksi kaos

Selain keenam jenis usaha tadi, masih banyak jenis usaha lainnya. Salah satunya adalah bisnis online. Mahasiswa bisa menjadi wirausahawan online (onlinepreneur) dengan blogging (ngeblog).

Blogging di Blogger, misalnya, bisa menghasilkan uang dengan mengikuti program:

  1. Google Adsense
  2. Program Afiliasi.

Anda, mahasiswa, bisa membaca Panduan Membuat Blog jika masih “newbie” di dunia blogging.

Google Adsense yaitu program periklanan Google. Blog Anda bisa didaftarkan ikut program tersebut sehingga bisa pasang iklan Google dan mendapatkan komisi dari Google. Syaratnya, antara lain, konten (isi) blognya berkualitas dan dikunjungi minimal 250 pengunjung per hari. (Baca: Panduan Google Adsense).

Program Afilisasi yaitu program memasarkan atau mempromosikan produk barang/jasa orang lain.  Mirip Google Adsense, namun dengan program ini Anda bisa mereview produk yang dijual pihak afilisasi di blog. Salah satu program afilisasi yang memberikan peluang penghasilan bagus antara lain Lazada. (Daftar Lazada).

Bagaimana memulainya?

Mulailah dengan membuat blog sekarang juga. Buka Blogger dan “Sign Up”. Anda bisa membuat General Blog, yaitu blog dengan konten segala tema alias “sagala aya” atau “sagala ditulis”, atau Niche Blog, yaitu blog dengan tema khusus, misalnya bidang keahlian atau hobi Anda.

Buatlah konten blog berkualitas, yaitu ORISINAL –asli, tulisan sendiri, bukan Copas; bermanfaat, dan sekiranya dibutuhkan atau dicari orang.

Selain bisa mendatangkan penghasilan bagi mahasiswa, blogging juga mengasah keterampilan menulis (writing skills) untuk menjadi “penulis yang lebih baik” (be better writer). Ingat, selama kuliah, akan banyak tugas makalah atau karya ilmiah yang tentu membutuhkan keterampilan menulis. Blogging is the best way to be better writer!

Tulisan terkait: Cara Menjadi Onlinepreneur

Demikian ulasan kita tentang Blogging: Onlinepreneur untuk Mahasiswa. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi bagi para mahasiswa agar bisa “mandiri” alias bisa mempunyai penghasilan sendiri buat biaya kuliah, biaya sehari-hari, dan sebagainya. Paling tidak, dengan menjadi onlinepreneur, akan mengurangi beban orangtua yang membiaya kuliah Anda. Good Luck and Go Blogging! Wasalam. (ASM. Romli, dosen praktisi Jurusan Komunikasi UIN SGD Bandung. Blog: www.romelteamedia.com).*

Ilustrasi: Buku BLOGPRENEUR Panduan Bisnis Online bagi Pemula. Penerbit www.nuansa.co

Share Button
(Visited 27 times, 1 visits today)

Related Post

2 Comments so far:

  1. Not Pianika says:

    program yang bagus untuk mahasiswa, sangat-sangat bagus

  2. program afiliasi pak yang sangat bagus untuk mehasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *