Home   Opini   Blogspot Lebih Mudah untuk Blogger Pemula

Blogspot Lebih Mudah untuk Blogger Pemula

Oleh Neng Hetti Rosmayanti

Dosen Mata Kuliah “Jurnalistik Online”, Asep Syamsul M. Romli, mewajibkan mahasiswa membuat blog di blogger atau blogspot. Menurut saya, mengapa kita ditugaskan membuat blog di fasilitas blogspot dan bukan di WordPress ataupun Multiply, ada beberapa alasan yang dapat saya simpulkan dari beberapa sumber yang telah saya baca:

1.      Untuk kita sebagai pemula dalam membuat blog dan masih awam dalam pemakainnya, blogspot merupakan fasilitas atau layanan yang masih terbaik untuk yang ingin memulai belajar nge-blog dibandingkan dengan fasilitas yang lainnya.
2.      Blogspot atau blogger lebih unggul dari yang lainnya karena layanan penyedia blogspot ialah google.

3.      Fasilitas blogspot dinilai lebih aman karena Google hampir 99,99% anti hack. Mereka dapat menjamin penggunanya bahwa setiap situs web host di dalamnya tidak dapat hacked sampai dan kecuali penggunannya membocorkan informasi loginnya. Setiap akun di google dilindungi dengan berbagai cara, dengan email cadangan juga dengan menggunakan nomer handphone pribadi pemiliki akun.

4.      Membuatnya pun sangat mudah dan jika kita menggunakan akun google lainya seperti gmail.com , 4shared.com, akun google webmaster serta lainnya, maka kita tidak perlu membukanya satu persatu, karena dengan membuka akun google maka semua akun tersebut sudah terbuka.

5.      Menggunakan bahasa HTML, sehingga mudah di otak-atik bagi orang yang suka dengan bahas pemograman yang sederhana ini.
6.      Mendukung banyak template, dan sekarang ini sudah banyak template woordpres yang di convert ke template blogspot sehingga sekarang ini blogspot memiki banyak sekali pilihan template siap pakai.

7.      Gratis dan ini merupakan salah satu kelebihan blogspot. Namun jangan lupa mempelajarinya, dan bagaimanapun harus keluar uang untuk mendapatkan ilmu dan cara mengelolanya.
8.      Mengenai kecepatan akses, sepertinya kita sudah bisa menduga bahwa blogspot lebih cepat dibandingkan dengan wordpress. Karena blogspot merupakan layanan dari google dan sebagai bantuan dari google, maka dukungan jaringannya lebih unggul.

9.      Apabila setelah pemakai akun mempublikasikan artikelnya dari Blogger Blog atau Blogspot, Google langsung bereaksi. Posting Blog mereka dengan mudah diindeks di mesin pencari mereka. Selain itu, Google adalah salah satu mesin pencari terkemuka.

10.  Blogspot mendukung javascript, sehingga kita bebas menaruhnya di blog kita. Tentunya bermanfaat untuk menghiasnya supaya indah dan cantik. Mengenai dukungan script dan bahasa web, maka blogspot lebih unggul dibandingkan dengan wordpress. Blogspot dapat mendukung lebih banyak bahasa seperti javascript, java applet dan lainnya. Sedangkan wordpress tidak dapat mendukung bahasa javascript, jadi terlalu tergantung dengan plugin yang ada. Sehingga kita tidak bisa memodifikasi blog dengan bahasa web yang kita sukai.

Jadi kesimpulannya, blogspot itu lebih mudah untuk para pemula yang ingin belajar membuat blog. (Neng Hetti Rosmayanti, Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung. Tugas MK Jurnalistik Online).*

Share Button
(Visited 49 times, 1 visits today)

Related Post

2 Comments so far:

  1. widias says:

    yang pasti memang nggak pernah down servernya blogspot, mantap.

  2. Govedu says:

    saya pengguna ponsel, blogspot menurut saya sangat rumit, karena keterbatasan perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *