Home   Berita   Dewan Pers: Media Independen adalah Media yang Mandiri

Dewan Pers: Media Independen adalah Media yang Mandiri
media cetak dan online

Independensi dalam jurnalisme adalah memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani, tanpa campur tangan orang lain. Media independen adalah media yang mandiri, merdeka, dan tidak bergantung kepada pihak manapun. Memiliki sikap mandiri untuk mempertahankan prinsip kebenaran.

Demikian dikemukakan Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, dalam seminar Tempo Media Week 2016 bertajuk ” Inovasi dan Independensi Media Era Digital di Indonesia” yang digelar PT Tempo Inti Media Tbk. di Jakarta, Rabu (18/5/2016).

“Di dalam independensi ada netralitas, independensi dilihat mendekati hal-hal yang bersifat faktual. Kebenaran jurnalistik bukanlah bersifat mutlak, tetapi kebenaran yang bersifat fungsional,”  tambah yosep.

Pentingnya independensi media juga dikemukakan Direktur Utama Tempo Media Tbk. Bambang Harymurti.

“Media independen menjadi penting untuk masyarakat. Pers yang independen menunjukkan negara yang demokratis,” katanya.

Bambang mengatakan, media harus menjadi netral dan dapat berkomunikasi dengan baik. Kredibilitas dalam pemberitaan dan investigasi yang dilakukan oleh Tempo menunjukkan independensi Tempo sebagai media.

“Orang membaca media kredibel untuk mencari informasi, sedangkan media kuning untuk mencari hiburan,” ujar Bambang. (Tempo).***

Share Button
(Visited 77 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *