Home   Berita   Eksis di skala Internasional Melalui ICOMACS

Eksis di skala Internasional Melalui ICOMACS

Dalam rangka menguatkan eksistensi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD Bandung) di kancah ajang berskala internasional, Ilkom Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung bersama Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Indonesia, menyelenggarakan International Conference On Media And Communication Studies (ICOMACS), bertajuk “Discovering New Trends in Communication in Media Culture in Asia”.

Selain itu, ketua pelaksana ICOMACS, Betty Tresnawati menuturkan, acara ini juga akan memberi kontribusi pada dunia akademik terkait trend media dan budaya komunikasi di Asia. Apalagi media telah memainkan peran penting dalam membentuk budaya komunikasi, termasuk pesatnya perkembangan tren komunikasi di era informasi yang mulia.

“Penting untuk menyelenggarakan konferensi internasional yang akan menghadirkan peserta dari berbagai daerah dan negara, sehingga tren komunikasi baru dan yang ada di wilayah lain atau negara, dapat meluas ke daerah lain,” ujarnya.

Tidak hanya itu,  Konferensi berskala internasional ini didukung penuh oleh rektor dan akan menjadi agenda dalam rangkaian Hari Ulang Tahun UIN SGD Bandung di tanggal 4-5 April 2018 yang akan datang. “Rektor atau Al Jamiah mendukung penuh terselenggaranya ICOMACS. Bahkan akan menjadi agenda dalam rangkaian HUT Emas UIN SGD Bandung 2018,” jelas Betty, Jumat (13/10/2017) malam.

Sementara itu Betty menambahkan, yang menjadi sasaran dalam konferensi ini adalah semua dosen-dosen UIN Bandung, khususnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dosen-dosen dari berbagai Universitas, mahasiswa S1, S2, S3, para peneliti dan juga praktisi media.

Sedangkan manfaat mengikuti kegiatan ini adalah untuk mendapat pengakuan intelektual dengan publikasi yang terindeks Scopus. Scopus merupakan salah satu entitas yang paling dikenal oleh para peneliti dunia. Dimiliki oleh Elsevier, salah satu penerbit utama dunia. Scopus juga merupakan sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini.

Selain itu, lingkup konferensi ini seputar Komunikasi dan Media Baru; Agama dan Media; Media dan Politik; Komunikasi Politik, Komunikasi di Asia, Media dan Budaya; Komunikasi Nabi dan Agama; Komunikasi Kesehatan; Komunikasi Multikultural; Masalah Komunikasi dan Gender; Komunikasi Lingkungan; Public Relations (PR) dan Corporate Social Responsibility (CSR); dan Studi Sosial-Humaniora lainnya. Meski demikian, tidak juga membatasi disiplin ilmu lain untuk mengikuti ICOMACS ini. Dalam pelaksaannya, dokumen yang telah diikutsertakan akan di seleksi terlebih dahulu.  Pelaksanaan acara ini dilakukan mulao 23 Oktober 2017 hingga 6 Februari 2018.

“Dokumen terpilih akan diserahkan dan dipublikasikan dalam serial berindeks dari SCOPUS atau Thomson Reuters. Sedangkan Makalah lain (versi modifikasi) akan dipublikasikan di jurnal indeks nasional,” pungkas Betty.

Share Button
(Visited 78 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *