Home   Mata Kuliah   Jurnalistik Online Fokus ke Blog

Jurnalistik Online Fokus ke Blog

Oleh Hilmi Fauziyah

Jurnalistik online merupakan salah satu mata kuliah wajib di jurusan ilmu komunikasi Jurnalistik semester 6. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diberikan tugas wajib yaitu memiliki akun-akun di dunia online diantaranya akun Yahoo, Google, Facebook, Twitter, Youtub, dan akun-akun lainnya termasuk Blog  atau Blogspot.

Mata kuliah ini terdiri dari 2 SKS yang terdiri dari 1-1 yaitu 1 kapasitas teori dan 1 berkapasitas untuk praktek. Pengajaran Jurnalistik online ini diberikan oleh dosen pengampu, Asep Syamsul M. Romli, praktisi media online yang juga seorang penyiar.

Sejak awal dimulainya perkuliahan Jurnalistik Online ini, dosen penulis buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online yang akrab disapa Kang Romel ini secara continue update terhadap perkembangan tugas akun-akun yang harus kami buat dan kami kelola.

Namun hal ini menjadi sebuah presepsi baru mengenai mata kuliah Jurnalistik Online. Seakan Jurnalistik Online merupakan bagaimana cara kita membuat dan mengelolanya sehingga blog tesebut sebagai satu-satunya media citizen journalism yang bisa kita gunakan secara free. Padahal ruang citizen journalism itu disetiap waktu dan ruang manusia. Kapan pun dan di mana pun, setiap orang bisa menyampaikan apa yang memang ia sampaikan kepada milyaran manusia di bumi atas informasi atau berita yang layak untuk dikonsumsi publik.

Sampai akhir perkuliahan semuanya berjalan dengan mengelola blog pribadi dan blog kelompok yang terdapat di akun Blog atau Blogspot.

Pada pertemuan terakhir, mahasiswa ditanya soal mengapa sang dosen memberikan fokus tugas pada Blogspot, bukan WordPress atau platform blog lainnya.

Berdasarkan pengamatan singkat dan pemikiran sederhananya menurut saya, alasan mengapa seakan-akan mata kuliah Jurnalistik Online adalah membuat dan mengelola blog yaitu:

Ketika membuat dan mengelola blog, kita dapat melakukan kreativitas tanpa batas. Hal ini disadari ketika kita benar-benar mengelolanya dengan baik. Maksudnya mau terus mempelajari dan mengenal seluruh bagian yang ada di blog.

Di antara macam kreativitas tanpa batas itu adalah:
1.   Ternyata wordpress tidak mengizinkan pemiliknya untuk otak-atik template. Sedangkan blogspot, mau nyampe template itu abstrak pun, up to you gengs!
2.    Di wordpress ribet, ada dua kata yang berbeda untuk menandakan tulisan kita gengs, yaitu pages dan post. Kalau di Blogspot, hanya ada post ^^
3.    Kalau di blogspot, pengelompokannya cukup dengan menggunakan label, kalau wordpress, ata tag and categories.
4.   Gengs, kemudahan lainnya, kalau kita bisa otak-atik template, kan followers blog kita juga seneng buat nongrongin blog kita. Itu artinya degan fitur-fitur atau rubric-rubrik keren yang bisa kamu modifikasi semau kamu, kamu bisa lakuin apa aja yang kamu mau di blog kamu gengs…
5.   Nah, termasuk berbagai akun jejaring social yang bisa juga kamu masukin dalam beberapa fitur atau rubric blog kamu. Biar jaringan tetap terjalin. Bahasa akhlak tasawufnya, silaturahmi dan ukhuwah di dunia maya tetap terjaga ^^
Mungkin ini juga yang menjadi fokus kenapa harus di blogspot. Karena semua akun-akun jejaring social bisa juga masuk dan dikoneksikan didalam blog, contohnya facebook sama twitter. Jadi sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Jadi, ga ada akun yang nggak kepake, semuanya manfaat dan bisa dijadikan sarana menyampaikan apapapun yang gengs ingin sampaikan, utamanya ketika gengs ingin menyampaikan berita atau informasi tanpa repot-repot cari media massa (cetak, elektronik). Gengs tinggal tulis dan sampaikan di blog, sekalian share di facebook, Twitter, dan akun-akun lainnya .

Gengs, apa pun pilihan kamu sekarang, so lanjutkan! Mudah-mudahan pendapat  atas pengamatan singkat dan pemikiran sederhana saya bisa menambah pengetahuan gengs untuk lebih semangat berkreasi tanpa batas.
Dan jika ada yang keliru dari saya, jangan lupa Gengs sampaikan lewat komentnya yah. Biar kebenaran akan tetap tegak di bumi pertiwi dan bumi yang kita pijak ini, hehe… Matur nuwun Gengs ^_^. (Hilmi Fauziyah, Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung Semester VI. Tugas MK Jurnalistik Online).*
Referensi:
  • Pengamatan singkat dan pemikiran sederhana saya yang saya peroleh dari peng-inderaan
  • www.romeltea.com
  • http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.karya-tulis-opini/perbedaan-wordpress-dengan-blogspot.html
  • narzis.net/2010/…/perbedaanblogspot-dan-wordpress-secara-lengkap.html

Share Button
(Visited 6 times, 1 visits today)

Related Post

One Comment so far:

  1. Wulan Juliyani M says:

    aduh kak, kalo temen aku udh biasa ngotak-ngatik wordpress..
    aku jg udh biasa liat, klo blogspot malah belum.
    Well, everyone has their own choice ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *