Home   Jurnalistik   Menulis Artikel dan Tajuk Rencana

Menulis Artikel dan Tajuk Rencana

 

Buku dengan judul “Menulis Artikel dan Tajuk Rencana” yang ditulis oleh Drs. AS Harus Sumadiria, M.Si ini, semula hanyalah catatan pengantar yang disampaikan ratusan kali dalam berbagai forum pelatihan jurnalistik dan kehumasan di berbagai kampus serta instansi pemerintah dan swasta di Pulau Jawa. Panjangnya tidak lebih dari lima halama kuarto spasi rangkap. Di beberapa kampus dan di lingkungan ICMI Jawa Barat di Bandung, catatan pengatar itu sudah dijadikan bacaan wajib.

Inilah buku paling lengkap di  kelasnya yang membahas teori, teknik, dan kiat menulias artikel dan tajuk rencana konsumsi surat kabar, tabloid, dan majalah. Buku ditulis dengan menggunakan dua pendekatan sekaligus, pendekatan teoritis dan pendekatan praktis. Buku ini bermanfaat terutama bagi para mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang menyukai tradisi intelektualisme dan pencerahan, mahasiswa jurusan jurnalistik, kehumasan, fakultas dakwah, praktisi media massa, praktisi humas, peneliti, intelektual, cendekiawan, ilmuwan, dosen perguruan tinggi, guru pada semua jenjang pendidikan, serta siapa saja yang memiliki hasrat besar mengembangkan minat dan bakatnya menjadi penulis danjurnaslis profesioinal.

Buku ini ditulis tidak lain adalah untuk panduan praktis penulis dan Jurnalis Profesional yang ingin selalu menulis dan menulis. Karena seperti yang diketahui, kegiatan menulis itu penting. Menulis bahkan erat kaitannya dengan peradaban. Sejumlah orang besar seprti Caryle, Kant, Mirabeau dan Renan sangat percaya percaya dan meyakini, penemuan tulisan benar-benar telah membentuk awal peradaban. Jadi, apabila ingin dijuluki orang beradab dan sekaligus menolak untuk disebut sebagai manusia biadab, maka mulailah untuk membiasakan menulis. Jadikanlah menulis sebagai kebutuhan pokok sebagaimana halnya makan-minum setiap hari. Menulis adalah tradisi kalangan terpelajar, pemikir, sekaligus para pemimpin besar dunia pada zamannya sejak ratusan tahun silam.

 

Share Button
(Visited 136 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *