Home   Ragam   Panduan Membuat Blog

Panduan Membuat Blog
jurnalistik online - blog

Oleh ASM. Romli

Panduan membuat blog ini terutama ditujukan bagi mahasiswa yang belum memiliki blog, khususnya untuk mata kuliah Jurnalistik Online. Memiliki blog merupakan salah satu syarat mengikuti perkuliahan sekaligus syarat utama kelulusan mata kuliah Jurnalistik Online yang kini diasuh oleh Asep Syamsul M. Romli alias Kang Romel alias saya.

Blogging merupakan salah satu skill, expertise, keterampilan, atau keahlian yang wajib dimiliki jurnalis online, sebagaimana hasil survei Thornburg & Roselyn Du. Hal itu karena naskah media online, sebagai media baru (new media), memiliki karakter khas yang harus diimbangi dengan keterampilan khas pula oleh para jurnalisnya yang bisa diasah lewat kemampuan blogging.

Membuat blog sangat mudah, semudah membuat akun email atau facebook. Kita bisa memilih berbagai macam platform blog, namun yang paling populer ada dua, yaitu Blogger/Blogspot dan WordPress. Kedua platform blog tersebut sudah digunakan oleh jutaan blogger di seluruh dunia.

Cara membuat blog yaitu dengan membuka www.blogger.com atau www.wordpress.com, lalu klik tombol “daftar”, “sign up”, atau “create a blog” dan mengisi form yang tersedia. 

Setelah punya blog, Anda harus rajin posting, minimal seminggu sekali, dan jika pengunjungnya sudah banyak (ribuan), blog Anda berpeluang di-monetize atau “dijadikan mesin uang” dengan cara menyertakan Google Adsense di blog Anda, mengikuti program afiliasi (affiliate program), promosi produk/jasa Anda, atau membuka pemasangan iklan. Wasalam. (ASM. Romli, Dosen Luar Biasa Jurusan Komunikasi UIN SGD Bandung. Blog: www.romeltea.com).*

Share Button
(Visited 9 times, 1 visits today)

Related Post

One Comment so far:

  1. puputjepe says:

    biar bisa menghasilkan harus bagaimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *