Home   Makalah   Panduan Menulis Berita

Panduan Menulis Berita
jurnalistik terapan

Panduan menulis berita ini berisi tips praktis menyusun teras berita (lead), isi berita (body), dan penyusunan kalimat yang baik sehingga memenuhi kaidah bahasa jurnalistik.

Benar, bisa saja kita menulis berita “asal jadi”, yang penting pembaca bisa mengerti atau paham, tapi Anda tidak akan menjadi komunikator media yang baik dan efektif jika menulis berita secara asal-asalan.

Pengindahan pada kaidah menulis berita merupakan bagian dari ciri profesionalisme. Hanya penulis berita profesional yang naskah beritanya enak dibaca, mudah dipahami, dan “aman” dari sisi pelanggaran kode etik dan delik pers.

Berita (news) adalah karya jurnalistik atau naskah jurnalistik yang terstruktur, terstandarisasi, dan memiliki aturan baku dalam komposisi atau sistematika naskahnya. Komposisi berita meliputi:
1. Judul (Head)
2. Baris Tanggal (Date Line)
3. Teras (Lead)
4. Isi Berita (Body)

Dari keempat unsur naskah berita tersebut, penulisan teras merupakan hal terpenting sekaligus tersulit. Pasalnya, di bagian itulah “inti” berita yang tersusun berdasarkan prinsip piramida terbalik (inverted pyramid) dan merujuk pada enam unsur berita 5W+1H.

Di panduan menulis berita ini Anda akan dibimbing step by step tentang cara menyusun teras berita yang baik dan “berkelas dunia”. Silakan DOWNLOAD, pelajari, dan praktikkan panduan menulis berita ini di DOCSTOC. (ASM. Romli, www.romeltea.com).*

Share Button
(Visited 55 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *