Home   Berita   Pelantikan KPMJ Ilkom UIN Bandung

Pelantikan KPMJ Ilkom UIN Bandung

Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, Darajat Wibawa, melantik 14 Anggota Korps Protokol Mahasiswa Jurusan (KPMJ) Ilmu Komunikasi, di Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah, Sabtu (30/09/2017). Inaugurasi dan pelantikan yang mengusung tema Building Professional and Competitive Protocols ini, dihadiri oleh pembina utama, Sekretaris Jurusan Ilkom, para pembina, dan Presiden Mahasiswa Prodi Humas.

Menurut pembina utama, Dyah Rahmi Astuti, tim protokol sudah ada sekitar lima tahun kebelakang. Hanya saja tidak terlembaga dan anggotanya diambil dengan sistem cabutan yang didominasi oleh mahasiswa prodi Humas, karena protokol dianggap bidang dari Humas. Namun, semenjak banyaknya kegiatan yang membutuhkan tim protokol untuk mengatur acara, dan juga menghadirkan para pejabat  negara, seperti halnya Staf Komunikasi kepresidenan, Menkominfo, dan lainnya, ketua jurusan berinisiatif untuk melembagakan unit protokol di tingkat Jurusan Ilkom. “Awalnya memang karena banyaknya fenomena kegiatan yang mengundang para pejabat Negara, maka dari itu kepala jurusan berinisiatif untuk melembagakan unit protocol di jurusan. Karena menerima tamu dengan aturan keprotokolan merupakan salah satu bntuk penghormatan lembaga,” jelas Dyah diakhir kegiatan.

Berangkat dari hal tersebut, beberapa dosen yang dipercaya menjadi penanggung jawab sekaligus pembina dibantu tim protokol yang sudah ada, melakukan openrecruitment untuk unit protokol Jurusan angkatan pertama, yang dibuka untuk mahasiswa prodi Humas dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa prodi Jurnalistik. Open recruitmen dilakukan sekitar tiga bulan dengan enam rangkaian. Diantaranya pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, pendidikan dan pelatihan serta inaugurasi dan pelantikan.

Pembina utama berharap, tim KPMJ angkatan pertama ini dapat loyal terhadap lembaga. Karena bagaimanapun, protokol merupakan etalase yang dilihat di muka oleh banyak orang, dan berpengaruh terhadap image serta harga diri lembaga. Selain itu, Dyah berharap, tim protokol yang telah dilantik,  agar mampu lebih baik dari tim sebelumnya yang tidak terlembaga dan bisa menorehkan sejarah, untuk kedepannya dapat menjadi pedoman bagi KPMJ selanjutnya.

Inisiator pertama, Darajat Wibawa juga berharap, agar KPMJ dapat bekerja secara tim dengan baik. Karena menurutnya, bagaimanapun tim tidak akan bermakna jika ada yang pincang dari salah satunya. Darajat menambahkan, setiap anggota dalam tim agar bisa memberikan kontribusi sehingga menghasilkan reputasi baik bagi lembaga. Selain itu, Darajat menyampaikan pesan untuk para anggota yang dilantik, agar mampu memberikan tanda baik kepada orang-orang di sekeliling untuk mendapatkan nilai baik. “Yang perlu diingat oleh kita adalah, setiap orang melihat diri kita dari tanda – tanda yang kita berikan kepada mereka. Jadi, ketika kita ingin dianggap baik, maka berikan tanda – tanda yang baik,” tegas Darajat dalam sambutannya.

Kegiatan pelantikan, dilanjutkan dengan rapat kerja pertama yang menghasilkam ketua terpilih yaitu Mahasiswa Prodi Humas semester tujuh, Tasya Eliani Supit. Selain itu, struktur organigram mulai dibentuk yang terdiri dari officio, bidang tata harkat, bidang tata laksana dan tempat, serta bidang pers dan design. Tasya berharap, agar anggota tim saling membantu dan saling bersinergi dalam setiap kegiatan yang akan menjadi tanggungjawab tim KPMJ Ilkom UIN Bandung.

 

 

[Isma D Ardiyanti]

Share Button
(Visited 47 times, 1 visits today)

Related Post

One Comment so far:

  1. Syaiful says:

    selamat mengemban amanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *