Home   Berita   Pemanfaatan Sosial Media Untuk Pembrandingan di Era Digital

Pemanfaatan Sosial Media Untuk Pembrandingan di Era Digital

Panitia berfoto bersama kedua pemateri.

Perhumas Muda Bandung (PMB) bekerjasama dengan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung, menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk “Branding in Digital Era”, yang bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Senin (12/2/2018). Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa dan  mahasiswi Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat dan anggota PMB tersebut, bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana cara melakukan branding di era digital, baik secara Personal Branding ataupun Corporate Branding.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi  Enjang AS tersebut, menghadirkan dua narasumber yaitu BPP Perhumas Praktisi PR, Rizky C Saragih dan Pengguna BPC Perhumas Bandung Corporate Communication PT Biofarma, Yuni Miyansari.

Dalam materinya, Rizky C Saragih menyampaikan perihal penggunaan internet di era digital saat ini  cukup tinggi. Hal tersebut, menjadi satu hal yang dapat dimanfaatkan oleh seorang Public Relations (PR) untuk dapat membranding secara online. Pria kelahiran Jakarta itu menambahkan, penggunaan social media yang merupakan bagian dari internet, dinilai efektif untuk melakukan branding baik secara Personal Branding ataupun Corporate Branding yang juga disebut sebagai langkah atau strategi yang kreatif.

Namun demikian, Rizky mengingatkan, untuk PR agar tidak melewatkan branding secara offline. Menurutnya, Branding secara offline tetap dibutuhkan, dengan alasan  tidak semua orang memiliki social media atau pembaca media online. Branding offline dapat dilakukan dimana saja, salah satu contohnya adalah dengan penggunaan  media spanduk.

Selain itu, Rizky menjelaskan mengenai peranan PR dalam suatu perusahaan. Bagaimana seorang PR harus pandai dalam membranding perusahaan ataupun produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Keberhasilan suatu perusahaan, menurutnya tergantung dari hasil branding PR nya. Hal tersebut diamini oleh Pemateri selanjutnya, Yuni Miyansari.

Sementara itu, Yuni menambahkan,, social media di era digital saat ini tidak hanya dapat dilakukan untuk membranding suatu perusahaan, melainkan juga dapat membranding seseorang. Hal tersebut yang menjadikan di era saat ini, beberapa perusahaan menilai calon karyawannya dari social media yang ada.

 

Share Button
(Visited 45 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *