Home   Makalah   Pemanfaatan TIK Blog Dosen untuk Menunjang Perkuliahan

Pemanfaatan TIK Blog Dosen untuk Menunjang Perkuliahan

BLOGGING FOR EDUCATION (EDUBLOG)
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi BLOG untuk Optimalisasi Perkuliahan

asep syamsul m. romli aka romel tea

Presented by Asep Syamsul M. Romli aka Romel Tea
www.romeltea.com 
Follow @romeltea

WHAT’S BLOG? 
1. Singkatan dari Web Log
2. Situs diskusi dan informasi yang dipublikasikan di World Wide Web.
3. Berisi entri tersendiri (“posts”) yang typically disajikan secara kronologis (the most recent post appears first).
4. Online Diary > Log = buku harian; (to record) mencatatkan dalam buku harian.

BLOG PLATFORM 
(The Most Popular)
1. Blogspot: www.blogspot.com
2. WordPress: www.wordpress.com

WHAT’S EDUBLOGS
Blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran atau forum perkuliahan online (online class, kuliah online) oleh para dosen. Blogging untuk pendidikan dikenal sebagai EDUBLOG. Blog khusus untuk pendidikan antara lain www.edublogs.com.

Wikipedia mencatat:
1. Edublog is a blog created for educational purposes.
2. Edublogs archive and support student and teacher learning by facilitating reflection, questioning by self and others, collaboration, and by providing contexts for engaging in higher-order thinking.
3. Some instructors use blogs as an instructional and assessment tool.

10 Manfaat Blog bagi Dosen 
1. Self Expression
2. Personal Branding
3. Be Better Writer
4. Arsip Online. Penyimpanan Data Online
5. Sharing . Sedekah Ilmu. Help People!
6. Sarana Kuliah Online
7. Unjuk Kompetensi & Professionalisme Dosen
8. Networking. Menambah Teman dan Relasi
9. Be Popular!
10. Monetize, misalnya Google Adsense.

Manfaat Blog sebagai Media Pembelajaran 
(Kuliah Online, Kelas Online, e-Learning)
1. Enhance Interactivity. Bahkan mahasiswa “pemalu” pun bisa tanya tanpa merasa “tertekan” oleh teman sekelas (Loftus, 2001).
2. Time and Place Flexibility. Including tugas-tugas kuliah menjadi paperless dan accesable by world!
3. Potential to Reach a Global Audience. Mahasiswa luar kampus juga menjadi “murid online”.
4. Easy Updating of Content as well as Archivable Capabilities. Mudah update dan dokumentasi/arsip materi kuliah.

(References: A. W. Bates. 1995. Technology, Open Learning and Distance Education, Routledge Studies in Distance Education; Wulf, K. 1996. Training via Internet: Where are we? Training & Development; Web-Based Learning and Teaching Technologies: Opportunities and Challenges, University of Baltimore, USA).

Haruskah Dosen Punya Blog? 
1. Blog bukan Syarat menadi dosen
2. Blog bukan Syarat Sertifikasi Dosen
3. Memudahkan Pemberian Tugas
4. Publikasi & Arsip Materi Kuliah
5. Blogging = Menulis. Dosen ngeblog memberi teladan sekaligus membangun budaya menulis.
7. Blog dosen bisa menunjukkan kompetensi bidang keilmuannya kepada mahasiswa dan publik.
8. Meningkatkan waktu “tatap muka” dosen dan mahasiswa, apalagi bagi dosen yang “jarang masuk” alias “malas ngajar” (biasanya karena “kesibukan di luar”).
9. Blog menjadi “Personal Branding” yang bisa turut mengangkat citra atau nama baik kampusnya.

Next Step: It Depends On…
1. TIDAK HARUS? STOP!
2. HARUS? Let’s Continue….

IF CONTINUE… (PRAKTIK)
Proses Membuat Blog 
1. Buka blogger.com (platform blogspot.com)
2. Susun SEO Meta Description. What’s a blog about?
3. Write: Basic Article!
4. Pilih Template yang “mantes” bagi dosen, misalnya Template Jurnalistik, Simple SEO, atau Online News Template.
5. Label!
6. Membuat Static Page: About, Contact, Social Media, Online Class (Password Protected).
7. Reguler Posting and Killer Posting!
8. Good Luck!

Wasalam.
ASM. Romli adalah praktisi media, dosen praktisi alias staf pengajar honorer di Jurusan Komunikasi & KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung. 

LINK DOWNLOAD MAKALAH
1. http://www.slideshare.net/ASMRomli/blog-dan-dosen
2. http://www.docstoc.com/docs/165006618/BLOG-DAN-DOSENpdf

Share Button
(Visited 12 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *