Home   Berita   Ponsel Paling Banyak Digunakan untuk Akses Berita Online

Ponsel Paling Banyak Digunakan untuk Akses Berita Online

Telepon seluler (Ponsel) paling banyak digunakan untuk mengakses berita online. Pembaca berita online didominasi pria. Konsumsi berita sangat tinggi di masyarakat yang berumur 33-42 tahun dengan tingkat ekonomi menengah ke atas.

Demikian hasil riset mengenai konsumsi berita online untuk Indonesian Digital Association (IDA).

Hasil riset IDA yang menggandeng Baidu dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia tersebut juga menunjukkan, pria, orang-orang ekonomi tinggi, dan berusia lebih tua, lebih banyak mengkonsumsi isu politik, sosial, agama, teknologi, dan bisnis.

Perempuan, orang-orang dengan ekonomi rendah, dan kalangan usia muda, senang membaca topik hiburan dan gaya hidup. Isu-isu seperti politik dan sosial kebanyakan diakses sehari-hari, sedangkan hiburan untuk konsumsi mingguan atau bulanan.

Hasil riset juga menunjukkan telepon seluler paling banyak digunakan untuk mengakses berita online. Perangkat lain yang digunakan adalah komputer kantor dan laptop pribadi.

Pengguna telepon seluler mengakses berita relatif stabil sepanjang hari. Sedangkan komputer banyak digunakan selama waktu kerja. Laptop dan tablet banyak sekali digunakan pada waktu malam.

Responden mengakses saluran multikonten untuk mencari berita. Contohnya mencari perkembangan terbaru terkait dengan berita nasional. Sementara itu, saluran dengan konten spesifik diakses untuk membaca berita dengan topik gaya hidup, selebriti, dan olahraga.

Riset mengenai konsumsi berita online ini dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Riset dilakukan selama sebulan, yakni Oktober-November 2015. (Sumber).*

Share Button
(Visited 26 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *