Home   Kajian   Pengertian Jurnalistik Dakwah

Pengertian Jurnalistik Dakwah
jurnalistik dakwah

Oleh  ASM. Romli

Membedah pengertian jurnalistik dakwah harus mengurai dulu istilah jurnalistik dan dakwah. 

Jurnalistik dipahami sebagai proses peliputan dan pelaporan peristiwa aktual, penting, dan menarik melalui media massa. Asal kata jurnalistik adalah “jurnal”, artinya laporan. 

Dakwah dipahami sebagai mengajak atau menyeru kepada jalan Tuhan, yakni Allah SWT, berdasarkan firman-Nya: 

 “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS.16:125) 

Menurut Ibnu Taimiyah yang dimaksud “ke jalan Allah” adalah dakwah untuk beriman kepada Allah dan kepada apa yang dibawa Nabi Muhammad SAW, yang mencakup keyakinan kepada rukun iman dan rukun Islam (Al Fatawa al-Kubro). 

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan dakwah sebagai “1 penyiaran; propaganda; 2 penyiaran agama dan pengembangannya di kalangan masyarakat; seruan untuk memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama”.

Dapat disimpulkan, jurnalistik dakwah yaitu proses peliputan dan pelaporan peristiwa yang mengandung pesan dakwah berupa ajakan ke jalan Allah SWT. 

Setiap berita, artikel opini, ataupun featyre yang mengandung seruan secara langsung dan tidak langsung, tersurat ataupun tersurat, untuk beriman, berbuat baik (beramal saleh), dan bertakwa kepada Allah SWT masuk dalam kategori jurnalistik dakwah.

Demikianlah pengertian jurnalistik dakwah versi saya. Wallahu a’lam. (www.romeltea.com).*

Buku Jurnalistik Dakwah: 
Asep Syamsul M. Romli, Jurnalistik Dakwah: Visi dan Misi Dakwah Bil Qolam, Rosdakarya Bandung, 2002.

Share Button
(Visited 278 times, 1 visits today)

Related Post

One Comment so far:

  1. solmisah says:

    Kalau mesan buku nya gimana ya… Saya dari uinsa… Butuh untuk refrensi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *