Home   Humas   Profil Prodi Humas

Profil Prodi Humas

Program Studi Ilmu Komunikasi bertujuan membangun center of excellent yang sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, dan menghasilkkan sarjana Ilmu Komunikasi dalam bidang public relations yang terampil, kreatif, kompeten dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan kerja di bidang Public Relations.

Dengan demikian, profil kompetensi lulusan Prodi Ilmu Humas adalah kompeten dalam Public Relations Officer, Negosiator, Public Speaker/juru bicara, Event organiser, Marketing Officer, Trainer, Konsultan Public Relations, Publisher, juga Peneliti dalam bidang PRO.

Berdasarkan profil kompetensi tersebut, maka kompetensi utama lulusan Prodi Ilmu Humas UIN SGD Bandung:
1. Menguasai secara teoritis dan konseptual dalam pengelolaan public relations suatu lembaga serta mampu menformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
2. Mampu memanfaatkan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan lembaga untuk dapat mencapai tujuan lembaga dan menciptakan reputasi yang baik.
3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih solusi alternatif dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan public relations.
4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dan individu dalam pengelolaan lembaga dan public relations.

Sedangkan kompetensi pendukung yang diharapkan adalah:
1. Mampu memecahkan permasalahan public relations dengan memanfaatkan ilmu teknologi informasi dan komunikasi.
2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merancang dan mengelola lembaga dan kegiatan public relations baik instansi pemerintah maupun swasta.
3. Menguasai konsep dan teori tentang public relations dan mampu menerapkan konsep dan teori tersebut dalam mengelola lembaga dan kegiatan public relations.
4. Mampu menawarkan alternatif penyelesaian masalah secara prosedural untuk efektivitas dan efisiensi lembaga dan kegiatan public relations.
5. Menguasai metode dan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dalam bidang public relations.
6. Mampu menyusun evaluasi mengenai kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam proses pengelolaan lembaga dan kegiatan public relations.
7. Mampu memanfaatkan informasi dan data dalam menentukan alternatif yang paling tepat dalam memecahkan masalah kelembagaan dan kegiatan public relations.
8. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan public relations dengan berpedoman kepada nilai-nilai kejujuran, adil, seimbang dan demokratis. Baik secara individu maupun tim.

Adapun kompetensi lainnya yang diharapkan dari lulusan prodi ini adalah:
1. Terampil memanfaatkan teknologi dalam mengelola lembaga dan kegiatan public relations.
2. Berfikir logis dan terstruktur berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dalam bidang public relations.
3. Berpegang teguh kepada prinsip, hukum, etika, moral dan ketuhanan, berakhlak mulia dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menyelenggarakan layanan kepada masyarakat yang terkait pada bidang public relations.*

Share Button
(Visited 704 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *