Home   Opini   Radio Masih Bertahan, Meski Pendengar Terus Menurun

Radio Masih Bertahan, Meski Pendengar Terus Menurun
radio komunitas

MEDIA Radio Masih Bertahan, Meski Pendengar Terus Menurun. Itulah kesimpilan sementara sebelum ada data survei terbaru tentang jumlah pendengar radio saat ini. Catatan ASM. Romli.

Nasib radio sama dengan nasib media cetak (suratkabar/koran/majalah). Pengar radio dan pembaca media cetak terus menurun karena tergerus arus media baru bernama internet –media online, situs berita, media sosial.

Konsumen media kini ramai-ramai beralih ke media online, terutama media sosial dan aplikasi mobil (mobile apps). Media cetak berhenti terbit bukan hal mengejutkan. Pendengar radio menurun juga hal wajar karena “gempuran” media online/media sosial.

Orang kini dengan mudah mendapatkan berita dan hiburan (lagu) di internet. Segala macam informasi berserakan di Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Segala jenis lagu, lawas dan terbaru, ada di Youtube.

Laporan penelitian NPD Group di Amerika Serikat yang dirilis April 2012 menunjukkan anak muda kini lebih mendengarkan musik lewat layanan streaming di internet ketimbang radio FM/AM.

jumlah pendengar radio

Orang lebih sering mendengarkan radio saat di perjalanan, di mobil, terutama saat musim libur dan musim macet. Radio-radio yang menginformasikan kondisi lalu-lintas menjadi favorit.

Hasil riset Ipsos yang dirilis Autoblog tahun lalu menunjukkan, lebih banyak orang masih memilih radio AM/FM dibanding fitur hiburan lain di dalam mobil mereka. Survei ini menunjukkan 84 persen orang memilih radio dibanding hiburan lain. Sebanyak 62 persen di antaranya mendengarkan radio setidaknya sekali sehari.

manajemen-program-teknik-produksi-siaran-radio

Buku Terbaru tentang Radio. Penerbit: www.nuansa.co

Popularitas media radio memang menurun. Namun, radio akan tetap bertahan, meski dengan jumlah pendengar yang kalah banyak dari pengguna media internet. Hanya saja, para broadcaster dituntut lebih kreatif dan mampu mengikuti perkembangan zaman –teknologi komunikasi informasi yang terus berkembang.

Dari sisi penyiar atau kru lainnya, radio merupakan batu loncatan untuk memasuki dunia televisi, event organizer, industri musik, master of cerempny (MC). Penyiar radio akan sangat mudah menjadi presenter televisi. ***

Share Button
(Visited 77 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *