Home   Berita   UPT Pusat Karir UIN Bandung Menyelenggarakan Career Days

UPT Pusat Karir UIN Bandung Menyelenggarakan Career Days

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir UIN SGD Bandung menyelenggarakan Career Days (Job Fair) di Gedung Anwar Musaddad, pada Jum’at-Sabtu (28-29/09/2018). Kegiatan yang mengusung tema “Discovering Your Best Version Here” ini, bertujuan untuk menjadikan universitas lebih eksis dan diperhitungkan dalam persaingan nasional dan Internasional.

Ketua UPT Pusat Karir sekaligus Ketua Pelaksana Career Days, Betty Tresnawaty menuturkan, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh suatu realitas bahwa pada hakikatnya Perguruan Tinggi tidak mencetak mahasiswa menjadi pekerja dan tidak menjamin lulusannya bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan. Melainkan, lebih berorientasi pada pendewasaan pemikiran sehingga siap dalam menghadapi situasi apapun dan dimanapun.

Namun demikian, pada kenyataannya sebuah Perguruan Tinggi yang unggul diatara salah satu aspek pertimbanagannya yaitu, banyaknya jumlah lulusan yang telah tersalurkan di dunia kerja.

“Apalagi jaman sekarang yang memasuki era revolusi industry 4.0, lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk mempunyai kemampuan lebih,” jelas Betty (28/9/2018).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor IV, Ali Ramdhani ini, diharapkan dapat membantu  mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya, juga dapat meringankan pemerintah dalam rangka mengurangi angka pengangguran.

“Tujuan  lain dari adanya Career Days ini adalah untuk mengurus alumni. Jadi Alhamdulillah, saat ini UIN Bandung tidak hanya sibuk saat penerimaan Mahasiswa baru saja. Melainkan saat mahasiswa sudah menjadi alumni, itu masih urusan kampus,” Jelas Ali dalam sambutannya.

Career Days dibuka untuk seluruh Mahasiswa UIN SGD Bandung, alumni dan umum. Rangkaian kegiatan diantaranya seminar, Expo dan Konseling. Seminar diisi oleh presentasi instansi atau perusahaan yang menjadi peserta Career Days. Program tersebut dirancang untuk memenuhi kepentingan instansi atau perusahaan/industri dalam mempromosikan institusinya secara efektif.

Instansi atau Perusahaan diberikan kesempatan untuk menginformasikan profil, fasilitas, lowongan kerja perusahaan kepada para peserta/pencari kerja, sehingga perusahaan dapat semakin dikenal oleh seluruh peserta/pencari kerja yang hadir pada kegiatan Job Fair tersebut. Dalam hal ini, seminar diisi oleh Polisi Republik Indonesia, Telkomsel, dan HIK Parahyangan.

Sementara itu, Expo atau kegiatan rekruitmen dilaksanakan untuk memberikan kesempatan pada instansi/ perusahaan dalam melakukan kegiatan rekrutmen dari peserta/pencari kerja yang telah melamar/mendaftarkan diri pada saat Career Days.

Selain itu, Konseling/Bimbingan Karir Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para peserta yang membutuhkan bimbingan karir yang sesuai dengan kemampuan, jurusan, maupun bakatnya.

Betty berharap, dengan adanya pelaksanaan Career Days ini dapat memberikan informasi perihal bidang studi yang ada di UIN SGD Bandung.

“UIN SGD Bandung itu jurusannya tidak hanya bidang keagamaan saja. Banyak juga yang ahli-ahli di bidang lainnya seperti Saintek, Informatika, komunikasi seperti humas dan jurnalistik misalnya. Dengan demikian makin luas dan semakin banyak lapangan pekerjaan bagi alumni UIN Bandung,” Pungkas Betty.

 

Share Button
(Visited 39 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *