Ilkom Adakan Pelatihan Penyusunan RPS Berbasis OBE

  • Berita

Suasana pelatihan penyusunan RPS berbasis OBE di ruang rapat Program Studi Ilmu Komunikasi

Menjelang perkuliahan semester genap, Program Studi Ilmu Komunikasi mengadakan pelatihan penyusunan RPS (Rencana Perkuliahan Semester) berbasis OBE (Outcome Based Education) dengan pemateri Rohanda, M.Ag (Ketua Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung) di ruang rapat Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan A.H. Nasution (Rabu, 4/03/2020).

Setelah ada KKNI kemudian ada OBE, yang tidak hanya pada output, tetapi juga outcome dari setiap perkuliahan yang dilakukan dosen. Ada beberapa yang berbeda antara KKNI dan OBE. “Menurut Permendikbud tahun 2020 pasal 12 ada beberapa standar dalam mengevaluasi setiap RPS, di antaranya harus ada CPL (capaian pembelajaran) yang dibebankan pada mata kuliah,” ujar Rohanda dalam penjelasannya.

Kurang lebih 30 peserta yang hadir pada pelatihan ini. Peserta ini terdiri dari dosen-dosen tetap dan dosen luar biasa Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang mengajar di Program Studi Ilmu Komunikasi. Kegiatan ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan Prodi Ilmu Komunikasi setiap menjelang perkuliahan, “Kegiatan ini salah satu upaya meningkatkan kompetensi dosen dalam persiapan mengajar,” ujar wadek 1 Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Enjang, M.Ag., M.Si.
Di Ilmu Komunikasi punya tradisi yang sudah lama dilaksanakan, selain diskusi rutin juga ada diskusi mata kuliah dari setiap dosen yang mengajar di Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai persiapan dan up date materi perkuliahan. “Setiap awal semester kita biasa mengundang dosen untuk membahas materi dan silabus mata kuliah,” ujar Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Dr. Darajat Wibawa, M.Si.

“Pelatihan ini bagus diadakan setiap awal semester, dan kalau bisa tidak hanya pada pelatihan RPS OBE, tetapi juga ada sosialisasi visi misi prodi dan pencapaian profil lulusan prodi kita, “ ujar Dwi Handayani, salah satu dosen LB yang ikut pada pelatihan penyusunan RPS berbasis OBE.

(Visited 107 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *