KPMJ Ilmu Komunikasi Gelar Pelatihan Public Speaking Secara On Line

  • Berita

Bandung – Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (KPMJ) adakan pelatihan Public Speaking bersama Alexa Cempaka, seorang radio announcer, MC, Public Speaker nasional. Pelatihan yang khusus diikuti anggota internal KPMJ diselenggarakan pada 5 Juni 2020 secara on line.

Di sela-sela kesibukannya, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Dr. Darajat Wibawa memberi sambutan secara on line, “Di tengah tekanan dan persoalan covid 19, meningkatan kompetensi dan menambah skill jangan berhenti. Belajar tetap harus dilanjurkan agar kita menjadi orang yang memiliki keterampilan yang bias dipakai nanti setelah menjadi sarjana.”

Kemudian pada kesempatan pelatihan, pemateri memberi motivasi dan tips sebagai rahasia menekuni profesi broadcasting. “Manusia dianugerahi tiga kemampuan yaitu skill, bakat, dan attitude dan semuanya bisa dilatih. Jika ingin terjun kedunia Public Speaking dan Broadcasting harus menguasai 3 rumus ABC,” ujar Alexa Cempaka yang biasa dipanggil Lexy.

“A untuk Attitude, dengan attitude yang baik sesorang akan bersinar dengan aura yang menguar dari dalam dirinya. B untuk Be Authentic yaitu keunikan dan ciri khas. C untuk Coba banyak silaturahmi dan Do’a membuka jalan untuk menemukan koneksi sangat penting jika ingin menjadi Public Speaker”, sambungnya.

Jika sudah menguasai rumus ABC maka selanjutnya adalah lebih banyak berlatih, sedikit nekad yang dibumbui ketulusan. Menurut Lexy, “Berlatih perlu untuk mengasah kemampuan dan terus menambah skill Public Speaking itu semua tentang mental dan kemampuan. Kemampuan adalah seberapa keras kepala kamu untuk belajar.”

Sebelum menguasai kemampuan, maka seseorang perlu menguasai dirinya terlebih dahulu. Mulai dari kekuatan dan kelemahan nya. Setelah menguasai diri maka selanjutnya adalah melatih diri dan memberanikan diri untuk terjun ke dunia Public Speaking.

Lexy memberi tips untuk menambah keberanian dengan berlatih senam wajah, dilanjut dengan berlatih didepan cermin sembari dihitung menggunakan stopwatch, setelah dirasa cukup berlatih didepan cermin, berlatih didepan teman, kemudian berlatih didepan public. Ia juga memberi saran untuk selalu nekat dan berstrategi ketika ingin menambah skill dalam public speaking. Strategi nya adalah Practice dan Preapere setelah itu barulah nekat. Tak lupa ketulusan hati pun harus dihadirkan, tujuannya agar selalu senang dalam menjalankan tugas meski tidak diberi imbalan. Menurutnya, inmbalan akan hadir secara bertahap.

Pelatihan ini ditutup dengan tantangan berupa memperkenalkan diri di Instagram selama satu menit kemudian menandai @alexandriacempakah dan @kpmjilkom.uinbdg. Postingan ini tidak diperkenankan untuk mematikan komentar, tujuannya untuk mengetahui reaksi dari orang-orang yang melihat video tersebut dan melatih mental.

Peserta pelatihan public speaking secara on line sedang mendengarkan pemateri

(Visited 54 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *