Pengertian Content Marketing, Strategi Pemasaran dan Kehumasan Online

Content marketing adalah

Content marketing adalah istilah baru di dunia pemasaran, periklanan, promosi bisnis, serta kehumasan. Pemasaran konten merupakan salah satu konsep komunikasi dalam pemasaran digital (digital marketing) sebagaimana dikemukakan Chaffey dan Ellis-Chadwick (2016).

Content (konten) yang dimaksud dalam strategi pemasaran dan kehumasan online ini adalah “informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik” (KBBI).

Informasi atau konten dikemas dalam bentuk teks (tulisan), gambar, audio, video, atau multimedia dan disajikan di website perusahaan atau lembaga serta disebarkan di akun media sosial. Tujuannya untuk menarik pengunjung dan membuka peluang penambahan konsumen atau klien.

Content marketing wajib dilakukan bagian marketing perusahaan dan humas sebuah lembaga. Ini adalah konsep baru pemasaran dan kehumasan yang sama sekali berbeda dengan iklan.

Contoh content marketing adalah sajian berita atau artikel di Website Resmi Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Bandung yang sedang Anda kunjungi. Di Navigasi Menu terdapat link (tautan) Blog dengan submenu Berita, Info Jurusan, Makalah, dan Kajian.

Jurusan Humas di berbagai perguruan tinggi wajib membekali mahasiswanya dengan mata kuliah atau materi content marketing.

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah sebuah bentuk pemasaran yang difokuskan pada pembuatan, publikasi, dan distribusi konten untuk sasaran audiens online atau pengguna internet.

Berikut ini pengertian content marketing menurut para ahli.

1. Chaffey & Ellis-Chadwick (2016)

Pengertian content marketing adalah pengelolaan konten teks, multimedia, audio, dan video yang ditujukan untuk melibatkan pelanggan dan prospek dalam memenuhi tujuan bisnis yang dipublikasikan melalui media cetak dan digital, termasuk platform web dan mobile yang dimaksudkan dengan berbagai bentuk kehadiran web, seperti seperti situs penerbit, blog, media sosial, dan situs perbandingan.

2. Kotler & Armstrong (2016)

Content marketing adalah menciptakan, menginspirasi dan membagikan pesan dan percakapan merek dengan dan di antara konsumen melalui campuran saluran yang berbayar, diterima, dan dibagikan.

3. Chan dan Astari (2017)

Content marketing adalah seni menciptakan dan menyebarkan konten-konten yang relevan dan otentik mengenai merek, dengan harapan untuk menarik perhatian dan makin dekat dengan konsumen.

Berdasarkan ketiga pengertian content marketing di atas, content marketing adalah bentuk pemasaran dalam hal pembuatan teks, audio, dan video yang berisikan topik yang menarik perhatian konsumen yang berhubungan dengan merek (brand) perusahaan sehingga konsumen tertarik untuk melihat dan membacanya, bahkan membagikannya kepada calon konsumen lainnya.

Content Marketing

Dimensi Content Marketing

Menurut Elisa dan Gordini dalam jurnal Chan dan Astari (2017), beberapa dimensi content marketing adalah sebagai berikut :

a. Contents

Konten (isi) yang dibuat haruslah terdiri beberapa faktor yang disukai oleh konsumen. Konten yang menarik, edukatif dan konsisten dengan citra perusahaan menjadi hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten perusahaan.

b. Customer engagement

Konsumen menjadi proses dalam menciptakan nilai di dalam konten. Teknologi internet membuat konsumen lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan mengekspresikan ide-ide, dan akan membuat konsumen dan perusahaan lebih mudah berinteraksi. Melalui content marketing, konsumen berinteraksi lebih dengan perusahaan (merek).

c. Goals

Penggunaan content marketing mendorong perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan mereka seperti brand-awareness, consumers’ engagement, dan customer relation maintenance.

Demikian kajian ringkas mengenai pengertian content marketing yang merupakan strategi pemasaran dan kehumasan modern. (Mel)

Sumber1, Sumber2

(Visited 9 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *