Pengertian Job Training

Pengertian Job Training

JOB Training –istilah lengkapnya On the Job Training— adalah pelatihan pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman bekerja secara langsung.

Istilah yang semakna dengan job training antara lain Praktik Kerja Lapangan (PKL), Praktik Profesi Lapangan (PPL), dan magang.

Istilah Job Training berasal dari kata job dan training.

Kata job berasal dari bahasa Inggris yang berarti pekerjaan. Dalam kamus bahasa Indonesia, pekerjaan berarti sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia.

Istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentuk uang bagi seseorang.

Kata training atau pelatihan adalah proses melatih; kegiatan atau pekerjaan.

Job Training biasanya diselenggarakan pihak perusahaan atau lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung guna menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Dalam konteks akademis, on the job training adalah upaya terencana untuk memfasilitasi pembelajaran pengetahuan yang berhubungan dengan pekerjaan, keterampilan, dan perilaku.

Menurut Bernadin dan Russel (1998), training (pelatihan) adalah berbagai usaha pengenalan untuk mengembangkan kinerja tenaga kerja pada pekerjaan yang dipikulnya atau sesuatu berkaitan dengan pekerjaannya.

Hal ini biasanya berarti melakukan perubahan perilaku, sikap, keahlian, dan pengetahuan yang khusus atau spesifik.

Menurut PP No.31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, pelatihan adalah seluruh kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Pelatihan kerja merupakan proses mengajarkan pengetahuan dan pengembangan keterampilan bekerja (vocational) serta sikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik sesuai dengan standar.

Tujuan on the job training antara lain untuk memperoleh pengalaman langsung mengenal jenis pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.

Job Training juga bermaksud mengamati meningkatkan kemampuan dan keterampilan dengan jelas mengamati, melihat, dan mengerjakan sendiri.

Job Training Mahasiswa Komunkasi UIN Bandung

Sebagaimana mahasiswa di kampus lain, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung juga harus melaksanakan job training.

Menurut Wakil Dekan I Fakutas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Bandung, Enjang AS, sebelum melaksanakan job training mahasiswa wajib membuat desain.

“Desain sebagai acuan untuk kegiatan Job Training sekaligus mempermudah dalam menyusun laporan nantinya,” katanya dalam sebuah pembekalan job traning mahasiswa FDK UIN Bandung.

“Salah satu hal yang wajib dalam laporan Job Training berisi, deskripsi kegiatan yang direncanakan, pelaksanaan kegiatan, dan uraian berbagai kendala yang menyebabkan program yang ada di desain belum bisa terlaksana,” urainya.

Enjang juga menjelaskan tujuan job training sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana pratik dan uji coba mempraktikan keahlian.
  2. Sarana penelusuran relevansi yang pernah dipelajari dengan dunia kerja.
  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pengabdian masyarakat.
  4. Media pengenalan pada dunia kerja, sekaligus media penyaluran alumni di dunia kerja.

Praktek profesi job training menuntut kesiapan karena proses ini sebagai wilayah ujian yang sesungguhnya berdasarkan bekal selama perkuliahan. Job training memungkinkan mahasiswa menemukan ilmu baru. (mel)

Referensi:

  • Bernardin And Russell, 1998, Human Resource Management, Second Edition, Singapore,
    McGraw-Hill Book Co.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KBBI Daring)
  • PP No.31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional

 

(Visited 292 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *