Pengertian Komunikasi

Komunikasi sangat penting bagi keberadaan dan kelangsungan hidup manusia serta bagi suatu organisasi. Berikut ini pengertian komunikasi secara bahasa dan istilah.

pengertian komunikasi

Komunikasi adalah proses menciptakan dan berbagi ide, informasi, pandangan, fakta, perasaan, di antara orang-orang untuk mencapai pemahaman bersama.

Seorang manajer mungkin sangat berkualitas dan terampil, tetapi jika ia tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, semua kemampuannya menjadi tidak relevan. Seorang manajer harus mengkomunikasikan arahannya secara efektif kepada bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan dari mereka dengan benar.

Seorang dosen mungkin sangat kompeten dalam bidang keilmuan atau mata kuliah yang diampunya. Namun, jika ia tidak terampil dalam berkomunikasi, khususnya dalam mengokumikasikan pengetahuannya kepada mahasiswa, maka kompetensinya menjadi sia-sia.

Pengertian Komunikasi

Secara praktis, komunikasi (communication) dipahami sebagai proses penyampaian informasi atau pesan oleh seorang komunikator kepada komunikan melalui sarana tertentu dengan tujuan dan dampak tertentu pula.

Secara bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995) mengartikan komunikasi sebagai ”pengiriman dan pemerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami”

Secara etimologis atau asal-usul kata, “komunikasi” berakar kata Latin, ”comunicare”, artinya “to make common” – membuat kesamaan pengertian, kesamaan persepsi.

Akar kata Latin lainnya “communis” atau “communicatus” atau “common” dalam bahasa Inggris yang berarti “sama”, kesamaan makna (commonness).

Ada juga akar kata Latin ”communico” yang artinya membagi. Maksudnya membagi gagasan, ide, atau pikiran.

Sebagai konsep, William R. Rivers dkk. (2003) membedakan antara communication (tunggal, tanpa “s”) dan communications (jamak, dengan “s”).

Communication adalah proses berkomunikasi. Sedangkan communications adalah perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi, e.g. genderang, asap, butir batu, telegram, telepon, materi cetak, siaran, dan film.

Penjelasan lain dikemukakan Edward Sapir. Menurutnya, communication adalah proses primer, terdiri dari bahasa, gestur/nonverbal, peniruan perilaku, dan pola perilaku sosial. Sedangkan communications adalah teknik-teknik sekunder, instrumen, dan sistem yang mendukung proses komunikasi, seperti kode morse, telegram, terompet, kertas, pulpen, alat cetak, film, serta pemancar siara radio/TV.

Secara terminologis, kita menemukan banyak definisi komunikasi. The Oxford English Dictionary  mengartikan komunikasi sebagai “The imparting, conveying, or exchange of ideas, knowledge, information, etc. “ (Pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan, informasi, dsb.)

pengertian komunikasi

Pengertian Komunikasi Menurut Ahli

Para pakar, ahli, atau akademisi berbeda-beda redaksional dalam mendefinisikan pengertian komunikasi, seperti “pengalihan informasi untuk memperoleh tanggapan” (JL. Aranguren), “koordinasi makna antara seseorang dengan khalayak” (Melvin L DeFleur), dan “saling berbagi informasi, gagasan, atau sikap” (Wilbur Schramm).

Pengertian komunikasi paling populer datang dari Harold Lasswell, yakni “Who says what in which channel to whom and with what effects”, siapa mengatakan apa melalui saluran mana kepada siapa dan dengan pengaruh apa.

Definisi komunikasi dari Lasswell dianggap paling lengkap karena sekaligus menggambarkan proses dan elemen komunikasi, yakni:

  1. komunikator (who)
  2. pesan (what)
  3. media atau sarana (channel)
  4. komunikan (whom)
  5. pengaruh atau akibat (effect).

Berikut ini definisi komunikasi yang bisa kita temukan dalam berbagai literatur komunikasi.

  1. Pengertian komunikasi adalah proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya (Wikipedia).
  2. Komunikasi adalah “The imparting, conveying, or exchange of ideas, knowledge, information, etc. – Pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan, informasi, dsb.” (The Oxford English Dictionary).
  3. Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku (Webster’s New Collegiate Dictionary).
  4. Komunikasi adalah “Who says what in which channel to whom and with what effects – Siapa mengatakan apa melalui saluran mana kepada siapa dan dengan pengaruh apa” (Harold Lasswell).
  5. Komunikasi adalah pengalihan informasi untuk memperoleh tanggapan (JL. Aranguren).
  6. Komunikasi adalah koordinasi makna antara seseorang dengan khalayak (Melvin L DeFleur).
  7. Komunikasi adalah saling berbagi informasi, gagasan, atau sikap (Wilbur Schramm).
  8. Komunikasi adalah proses pengalihan ide dari sumber kepada suatu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Everett M. Rogers).
  9. Komunikasi adalah proses dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam (Rogers & D. Lawrence Kincaid).
  10. Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja; tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi (Shannon & Weaver)
  11. Komunikasi merupakan instrumen interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat (David K. Berlo).
  12. Komunikasi adalah reaksi suatu organisme terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya (Steven)
  13. Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator (Raymond S. Ross).
  14. Komunikasi itu pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami (Prof. Dr. Alo Liliweri).
  15. Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol – kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi (Bernard Berelson & Gary A. Steiner).
  16. Komunikasi merupakan proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain (Menurut Carl I.Hovland).
  17. Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna (Judy C pearson & Paul E melson).
  18. Pengertian komunikasi adalah Proses makna di antara dua orang atau lebih (Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss)
  19. Komunikasi adalah transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan (William I. Gordon).
  20. Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain (M. Djenamar).
  21. Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu (William Albig).
  22. Komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi (Aristoteles).
  23. Komunikasi adalah simbol/verbal/ujaran, komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal (Hoben).
  24. Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku (Anderson).
  25. Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya (Lexicographer).
  26. Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak) (Hovland, Janis & Kelley).
  27. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih (Gode).
  28. Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan (Ruesch).
  29. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya (Weaver).

Fungsi Komunikasi

Secara fungsional, komunikasi dilakukan demi ragam kepentingan atau tujuan, utamanya untuk:

  1. Menyampaikan informasi (to inform).
  2. Mendidik (to educate)
  3. Mengibur (to entertaint)
  4. Mempengaruhi (to influence).

Keempat fungsi itu pula yang diadopsi menjadi fungsi pers atau media massa sebagai sarana komunikasi massa, dengan menambahkan satu fungsi social control (pengawasan sosial).

Teknik Komuniksi

Secara teknis, komunikasi juga beragam jenis, seperti:

  1. Verbal Communication (komunikasi lisan, menggunakan bahasa).
  2. Non Verbal Communication (bahasa isyarat, gesture, bahasa tubuh/body language).
  3. Direct Communication (komunikasi langsung).
  4. Face to face communication (komunikasi tatap muka).
  5. Indirect Communication (komunikasi tidak langsung/menggunakan media).
  6. Komunikasi lisan.
  7. Komunikasi tulisan.
  8. Komunikasi Intrapersonal (Intrapersonal Communication),.
  9. Komunikasi Antarpribadi (Interpersonal Communication).
  10. Komunikasi Kelompok (Group Communication).
  11. Komunkasi Publik (Public Communication).
  12. Komunikasi Massa (Mass Communication).
  13. Komunikasi Politik.
  14. Komunikasi Budaya.
  15. Komunikasi Olahraga.
  16. Komunikasi Pembangunan
  17. Komunikasi Keluarga
  18. Komunikasi Dakwah.

Alur dan Komponen Komunikasi

Setiap komunikasi memiliki alur dan komponen sebagai berikut:

  1. Komunikator/Sender – Pengirim pesan
  2. Encoding – Proses penyusunan ide menjadi simbol/pesan
  3. Message – Pesan
  4. Media/Channel – Saluran
  5. Decoding – Proses pemecahan/ penerjemahan simbol-simbol
  6. Komunikan/Receiver – Penerima pesan
  7. Feed Back – Umpan balik, respon.

The United Aristotelian Description of Communication membagi komponen-komponen di atas menjadi sepuluh komponen, yaitu:

  1. Source — sumber atau individu yang menyampaikan pesan.
  2. Encoding — proses penyandian atau pengalihan pikiran ke lambang lambang.
  3. Message — pesan yang merupakan seperangkat lambang lambang(verbal/kata kata atau nonverbal/gerak gambar dan isyarat) yang bermakna yang disampaikan oleh komunikator.
  4. Channel –m edia atau saluran(bisa berupa media cetak atau elektronik) tempat berlalunya pesandari komuikator kepada komunikan.
  5. Noise — gangguan yang menerpa proses komunikas sebagai akibat diterima atau tidaknya pesan pada diri komunikan.
  6. Receiver/Komunikan — penerima pesan dari komunikator.
  7. Decoding adalah proses penangkapan atau penerimaan pesan oleh komunikan dari komunikator.
  8. Receiver Response –tanggapan atau seperangkat reaksi pada komunikan setelah diterimanya pesan.
  9. Feedback –umpan balik atau tanggapan dari komunikan kepadakomuniator.
  10. Context –situasi atau lingkungan yang mencakup rasa persahabatan atau permusuhan, formalitas atau informalitas, situasi serius atau santai.

Demikian pengertian komunikasi. (Sumber)

 

 

 

(Visited 22 times, 1 visits today)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *