Profil Prodi Jurnalistik

Program Studi Ilmu Jurnalistik Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN SGD Bandung bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sebagai jurnalis multiplatform, multimedia content producers, serta researcher di bidang jurnalisme konvergensi.

Melalui metode pembelajaran berbasis pengalaman langsung, mahasiswa diajak untuk melakuan ekplorasi terhadap jurnalisme konvensional (cetak dan penyiaran) dan bentuk-bentuk baru jurnalisme, seperti jurnalisme online, jurnalisme data, journalisme drone, dan mobile journalism.

Lulusan Prodi Jurnalistik UIN Bandung disiapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan media televisi, radio, cetak, online, dan konvergensi media.

Bukan hanya siap menjadi wartwan, lulusan jurnalistik diharapkan mampu menjadi praktisi media seperti produser program tv dan radio, camera person, floor director, production assistant, penyiar radio dan presenter TV, jurnalis foto, dan jurnalis multimedia.

Program Studi Jurnalistik akan membekali lulusannya dengan pengetahuan khusus (pengetahuan jurnalistik, pengetahuan tentang konsep penelitian sosial dan pengetahuan pendukung yang relevan), keterampilan (manajerial dan praktis) karakter lulusan yang memiliki idealisme yang kuat, mematuhi norma dan etika profesi, memiliki standar, ksitis dan skeptik, jujur, memiliki keingintahuan yang tinggi, berani menerima tantangan, disiplin dan mematuhi aturan profesi, memiliki keberanian dan berpikiran terbuka, serta kemampuan berkomunikasi dan melek teknologi untuk mengoptimalkan praktik jurnalistik.

Lulusan jurnalistik UIN Bandung juga diharapkan mampu menjalankan dakwah multimedia dengan bekal pengetahuan keagamaan Islam yang diberikan selama perkuliahan.

Lihat: Kurikulum Prodi Jurnalistik UIN Bandung